Minggu, 28 Mei 2017

Pengamatan Bintang dengan Menggunakan Software Stellarium



Pengamatan Bintang dengan Menggunakan Software Stella

Bintang adalah suatu benda langit yang dapat memancmoarkan cahaya sendiri. cahaya bintang merupakan tenaga yang dihasilkan melalui proses pelakuran nukleus, yaitu proses penukaran atom hidrogen kepada atom helium di dalam terasnya untuk mengeluarkan cahaya. 

Jarak Bintang

jarak-jarak bintang yang dekat dilakukan dengan paralaks trigonometri. Terang suatu bintang dalam satuan astronomi disebut magnitude. makin terang suatu bintang makin kecil magnitudenya. Hipparchus membagi terang bintang menjadi enam kelompok berdasarkan penampakannya dengan mata telanjang. 
(https://ahmadsuyanto67.files.wordpress.com/2012/03/belajar-astronomi.pdf diakses tanggal 29 Mei 2017)

Komposisi Kimia Bintang

Kawasan pembentukan bintang agak sukar untuk dilihat kerana diliputi awan gas dan debu daripada bima sakti. Maka, ahli astronomi menggunakan teleskop radio atau teleskop inframerah untuk menembusinya. Secara tidak langsung, mereka dapat mengesan frekuensi radio atau inframerah yang dipancarkan oleh elektron yang bergabung dengan proton untuk membentuk hidrogen.

Unsur-unsur kimia bagi setiap bintang dapat diketahui melalui corak atau garisan yang terdapat pada spektrum serapan. Ini menjelaskan tentang pembinaan atom bagi setiap unsur yang mempunyai garisan serapan yang tetap dan tersendiri. Dengan mengetahui kedudukan garis serapan dengan teliti, komposisi kimia yang terdapat padanya dapat diketahui. 

Contohnya, melalui spektrum matahari unsur-unsur kimia yang terkandung padanya dapat diketahui. Seperti hidrogen, helium, oksigen, karbon, nitrogen, silikon, magnesium, neon, besi dan sulfur. Secara keseluruhannya, komposisi bintang mengandungi 90% hidrogen, 10% helium dan selebihnya adalah unsurunsur berat yang lain. 47 Komposisi kimia dapat diketahui melalui cahaya yang dipancarkan oleh bintang dengan menggunakan kaedah spektroskopi.

Aplikasi Stellarium 

Stellarium adalah planetarium open source gratis untuk komputer Anda. Perangkat lunak ini menunjukkan langit secara realistis dalam 3D, seperti apa yang Anda lihat dengan mata telanjang, teropong atau teleskop. Program ini telah digunakan di berbagai planetarium. Tinggal set koordinat anda dan mulalah mengeksplorasi.(www.stellarium.org/id/, diakses pada 29 Mei 2017) 


REFERENSI
http://studentsrepo.um.edu.my/5085/9/9_BAB_3.pdf diakses tanggal 29 Mei 2017 pukul 06.30 WIB

https://ahmadsuyanto67.files.wordpress.com/2012/03/belajar-astronomi.pdf diakses pada tanggal 29 Mei 2017 pukul 06.34 WIB

http://www.stellarium.org/id/ diakses pada tanggal 29 Mei 2017 pukul 06.34

Tidak ada komentar:

Posting Komentar